Georgetterox

June 24, 2010

Pas Foto Senyum

Filed under: me daily — Vicky Laurentina @ 6:49 am

Salah satu trik orang tua saya buat mendidik anak-anaknya menjadi ceria adalah menyuruh kami semua ketawa kalau difoto. Kebetulan ayah saya hobi motret, dan objek favoritnya adalah anak-anaknya. Setiap kali ayah saya menyorongkan kamera, saya dan adek saya harus ketawa. Akibatnya kebiasaan itu kebawa terus sampek kami jadi dewasa, dan hingga kini, kebanyakan foto saya adalah pose dengan mulut nyengir.

Kebiasaan didikan orang tua saya itu ternyata cukup merepotkan waktu saya bikin pas foto, bahkan sudah dimulai waktu saya dipotret buat pas foto raport saya untuk TK. Umur saya waktu itu empat tahun, saya dipanggil Bu Guru, disuruh masuk kamar yang rupa-rupanya sudah dirombak jadi studio foto kecil-kecilan. Nah, dasar saya kan sudah biasa dipotret ayah saya, jadi waktu fotografernya ngomong, “Satu..dua..” pada hitungan ketiga, otomatis saya langsung nyengir. Si fotografernya mengerutkan kening, lalu nyuruh saya foto lagi. Dia ngitung lagi, ‘Satu..dua..” dan saya langsung nyengir lagi dengan gigi berbaris di mulut saya. Fotografernya bingung kenapa saya nampak ketawa. Ini kan pas foto..?

Saya sama sekali nggak ngeh bahwa kebiasaan saya itu nampaknya bukan kebiasaan yang lazim. Yang jelas, saban kali saya dipotret buat pas foto sekolah, pasti saya selalu nyengir. Oke, nggak selalu keliatan giginya sih, tapi yang jelas saya hampir selalu tersenyum. Dan Anda tahu kan, senyum saya nggak pernah jauh-jauh dari foto saya di pinggir kanan atas blog ini. Sampek-sampek saya pernah dipanggil wali kelas saya pada waktu saya menandatangani STTB SMA saya.
Guru saya: “Ini foto kamu, Vicky?”
Saya: “Ya, Bu.”
Guru saya: “Naha bari seuri?” (Sunda: Kenapa sambil ketawa?)
Saya mengerutkan kening. “Itu bukan ketawa, Bu. Itu senyum.”

Kemaren, saya pergi bikin paspor di kantor imigrasi. Tahu kan, buat bikin paspor tuh kita nggak bisa nyodorin pas foto yang dibawa sendiri dari rumah, tapi fotonya harus dijepret di sana. Jujur aja, bikin pas foto yang bukan di studio foto komersil selalu membuat saya cemas. Fotografer di kantor pemerintah selalu Nampak kerja buru-buru, sampek orang yang mau difotonya nggak diberi kesempatan buat retouch bedak atau sisiran dulu. Tahu sendiri, mereka akan panggil nama kita, “Yak..Mbak Vicky, silakan duduk! Lihat kamera ya! Satu..dua..” JEBRET!

Makanya orang kalau difoto buat bikin paspor atau SIM mesti ekspresinya aneh-aneh. Ada yang melotot gara-gara refleks melawan blitz, ada yang matanya merem sebelah, macem-macemlah. Saya paling seneng kalau ada temen yang nunjukin isi dompetnya ke saya, dan saya selalu minta dia ngijinin saya lihat foto SIM-nya. Kalau fotonya aneh, sama saya langsung diketawain.

Saya sudah antisipasi hal ini, maka waktu kemaren saya bikin paspor, saya sudah waspada waktu dipanggil buat difoto. Bapak-bapak yang motretnya manggil saya, lalu nyuruh saya duduk di sebuah kursi dan nyuruh saya lihat kamera. Sementara si bapak ngatur fokus kameranya, saya sudah senyum duluan (jaga-jaga siapa tahu si fotografernya nggak ngitung satu-dua-tiga). Si bapak bilang, “Siaap..” dan saya pun tersenyum selama lima detik.

Untunglah sekarang kantor pemerintah sudah cukup canggih, jadi mereka bisa lihat preview fotonya di computer dulu sebelum dicetak. Si fotografernya ngelihat hasil pas foto saya yang diambil barusan. “Hm,” dia kedengeran nggak suka. Saya juga nggak suka waktu lihat preview foto saya. Jidat saya nampak terlalu lebar. Barangkali saya duduknya terlalu maju. “Ulang aja, Teh.”

Dan saya ngatur duduk saya lagi, agak jauh sedikit dari meja kameranya. Lalu saya pun tersenyum.
Tapi kemudian sang fotografernya bilang, “The, jangan terlalu senyum.”
Saya mereduksi senyum saya satu sentimeter. (Nggak usah dibayangin ngukurnya gimana!)
“Kelebihan senyumnya, The.”
Senyum kelebihan gimana sih? Senyum cuman empat senti gini sih bukan senyum namanya, tapi kebelet pup.
“Nah, tahaan.. “ kata fotografernya, lalu.. “Ya, sudah.”

Kami berdua lihat hasil preview fotonya di kompie. Memang beda dengan foto yang pertama, coz pada foto yang kedua ini senyumnya jauh lebih irit.
Saya mengerutkan kening. “Kayak orang ambeien.”
Si fotografer ketawa terbahak. “Lha kan memang persis aselinya?”
Saya manyun. Mosok tampang aseli saya mirip orang ambeien?

Jadi, Sodara-sodara, kenapa sih pas foto itu rata-rata nggak ada yang pakai senyum? Pasti kalau saya lihat pas foto orang-orang itu, ekspresi mukanya kaku atau tegang. Mbok pakailah senyum buat pas foto, coz senyum adalah trik ampuh untuk mengoreksi wajah kita jika wajah kita kurang rupawan, dan juga buat mencuri hati orang. Coba bayangin, pas foto itu penting banget buat ditaruh di ijazah, atau buat melamar pekerjaan. Sebuah survey situs lowongan kerja bahkan pernah menulis bahwa 60% penyedia lapangan kerja biasa melihat foto pelamarnya dulu ketika mereka meriksa curriculum vitae. Dengan demikian, pas foto memegang peranan penting buat menentukan karier kita.

Jadi, sudahkah Anda punya pas foto yang sambil tersenyum?

Foto-foto curriculum vitae-nya saya ambil dari http://kaskus.us dan http://ladybluefilms.com

Advertisements

28 Comments »

  1. g juga waktu itu bikin pas photo pengennya senyum atau malahan nyengir keliatan gigi na hehehe.. cuma sayang na kok disini kalo bikin pas photo malah di suruh mingkem ga boleh senyum, jadi na muke g kan jutekkk! huhuhuhu~

    Comment by Pitshu — June 24, 2010 @ 6:59 am

  2. Ya, itulah, Pits. Kok rasanya kayak tinggal di Rusia. Bikin pas foto aja kok nggak boleh ada ekspresi senyumnya. Apa kesalahan mental fotografernya atau memang ada aturan dasar bahwa pas foto nggak boleh sambil nyengir?

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 7:06 am

  3. senyum senyum dikit ajajangan nyengir hehehejangansampe gigi kliatan

    Comment by aaSlamDunk — June 24, 2010 @ 7:08 am

  4. Padahal apa salahnya sih kalau gigi kelihatan? Gigi saya kan bagus lho..*nyengir sambil pamer gigi emas*

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 7:14 am

  5. hehehe.. jadi inget waktu bikin SIM wajah saya menyedihkan karena sebel ama pak polisinya.. :)) :))hehe.. wajahnya mba vicky nyenengin.. 🙂

    Comment by rinibee — June 24, 2010 @ 7:37 am

  6. Mohon maaf Dok… baru sempat mampir.berfoto dengan menampakkan senyum memang lebih bagus kelihatannya.Sayangnya foto saya jarang ada yang tersenyum

    Comment by Seti@wan Dirgant@Ra — June 24, 2010 @ 8:01 am

  7. Yaa..makanya kalo foto sambil senyum dong, biar nanti pas diliat mukanya keliatan bagusnya.. 😀

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 8:28 am

  8. Saya malah paling gak suka kalao difoto, gak tahu kenapa udah bawaan sejak kecil

    Comment by Diah — June 24, 2010 @ 9:16 am

  9. Aku juga selalu ngajarkan dini kalau di foto harus senyum, jadi inget waktu dulu foto passport..blm apa2 udah jepret. Tapi Vicky senyum itu indah meskipun kita banyak masalah dgn senyuman sahabat tidak tau kalau sebenarnya kt py masalah..

    Comment by Adhini — June 24, 2010 @ 9:55 am

  10. Mungkin itu sebabnya ya, Mbak, kenapa TKI-TKI kita sering bermasalah di pemeriksaan imigrasi luar negeri. Soalnya dari fotonya nggak pada senyum, jadi keliatan bahwa kepergiannya sudah bermasalah.. 😀

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 10:18 am

  11. yang penting wajah kita tidak berubah waktu difoto. soal senyum memang harus sangat diperhatikan agar dapat menimbulkan kesan yg baik bagi orang. sebaiknya ditanya aja dlu ama fotografernya agar kita dapat mengatur posisi dan ekspresi

    Comment by ronneycerita — June 24, 2010 @ 2:19 pm

  12. senyum ga senyum kalo aku yg di poto mah tetep aja ancur

    Comment by aRai — June 24, 2010 @ 2:51 pm

  13. Wah, saya nggak percaya sama fotografer. Foto yang bagus di mata mereka belum tentu sreg dengan keinginan saya sebagai obyek yang berkepentingan dengan fotonya. Kadang-kadang saya pikir semua orang itu mukanya hancur waktu difoto, karena fotografernya memang tidak tahu bagaimana cara bikin pas foto yang menarik.

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 3:08 pm

  14. betul, pas foto saya yg mirip orang kanibal itu mungkin bikin orang2 takut sama saya dan otomatis bikin polisi mencurigai saya…

    Comment by mawi wijna — June 24, 2010 @ 10:43 pm

  15. hehe, aku jadi inget foto si om di fesbuk 😛

    Comment by fahmi! — June 24, 2010 @ 11:02 pm

  16. Mas Fahmi, I've tried to change his mind. But he seems so proud with that photo. Capek deeh.. :pWijna, saya mau lihat pas fotomu yang tampangnya kayak kanibal itu. Saya belum pernah lihat kanibal.. :p

    Comment by Vicky Laurentina — June 24, 2010 @ 11:15 pm

  17. 😀 satuu dua tigaa… jepreet..senyuuumm ^_________^

    Comment by elok langita — June 25, 2010 @ 2:05 am

  18. hai vicky,salam kenal…udah sering ke sini, tapi baru skarang komen. Yup stuju, foto2 gw mostly senyum. N memang pada ditanyain, foto buat ijasah kok senyum?foto ktp kok senyum…jawaban gw cuman, yah biar tau kalo yg punya nama manis hahaahha…skalian ijin ngelink yaa…

    Comment by katrin — June 25, 2010 @ 2:07 am

  19. Hai! Makashi ya udah di-link. Iya, makanya gw juga bingung kok foto KTP pakai senyum dianggap aneh. Biar sekali-kali gitu lho, misalnya suatu hari nanti Mendagri sidak ke database penduduk Indonesia, lihat foto penduduk yang senyum akan nampak bahwa penduduk Indonesia itu ada yang manis.Atau..jangan-jangan memang sengaja dipolitisasi supaya penduduk Indonesia itu jagnan senyum pas difoto KTP, supaya dikiranya penduduk tuh stress melulu sehingga perlu adanya BLT ya..? :-p

    Comment by Vicky Laurentina — June 25, 2010 @ 2:44 am

  20. sama kayak saya, ga bisa nahan senyum atau monyongin bibir kalo lg difoto ^^

    Comment by debhoy — June 25, 2010 @ 3:23 am

  21. Wah, lama nggak ke sini, ternyata tampilannya udah ganti, hehe…Tiap bikin pas foto, nggak tahu kenapa aku selalu bermasalah di jidat. Kliatan lebar dan mengilap. Kalo yg BW sih nggak terlalu kliatan. Tapi kalo yg berwarna, waduh… 😀

    Comment by ditter — June 25, 2010 @ 3:23 am

  22. Iya, memang baru ganti template.Masalahnya Adit kayaknya kulit berminyak deh. Kalo foto minta jangan pake blitz aja, pasti nggak akan berkilat, hehehe..

    Comment by Vicky Laurentina — June 25, 2010 @ 3:33 am

  23. waktu memasukkan foto buat pelantikanbanyak yang protes soalnya pasfoto saya tersenyum manistapi kemudian karna kepala administrasi nggak komen apa2 yaaa komplainnya berhenti sampe di situdan dalam tampilan profil jadilah daku lulusan tercantik karena pas foto yg tersenyum…hihihihi*meningkatkan daya jual XD*

    Comment by Seiri Hanako — June 25, 2010 @ 5:42 am

  24. Ah! Mereka selalu begitu. Kenapa foto pelantikan aja nggak boleh senyum manis? Kan kita gembira karena dipercayai jadi dokter, boleh dong foto sambil senyum? Biar dokter tuh nggak nampak kaku, gitu..

    Comment by Vicky Laurentina — June 25, 2010 @ 6:42 am

  25. Mungkin kalau pas foto senyum… takut mukanya berbeda dari biasanya.. jadi petugas bingung hehehe

    Comment by catatan kecilku — June 25, 2010 @ 11:14 am

  26. *liat-liat kaca, antara senyum dan enggak*Sama aja ah, Mbak.. 😀

    Comment by Vicky Laurentina — June 25, 2010 @ 11:46 am

  27. hehe kamu mending banget bisa ketawa Vic, kalo aku senyum aja gak bisa saking tegangnya dan hasilnya mesti jadi aneh (atau emang wajahku aselinya aneh ya)^^

    Comment by alice in wonderland — June 26, 2010 @ 12:56 am

  28. Lhaa..kenapa mesti tegang? Kan yang kita hadepin itu kamera, bukan macan.. 😀

    Comment by Vicky Laurentina — June 26, 2010 @ 2:04 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: