Georgetterox

July 7, 2010

Saya Menantang Anda!

Filed under: Fresh from d'Oven — Vicky Laurentina @ 5:11 pm

Tantangan hari ini: Tutuplah mata Anda, sebutkan 10 lagu anak-anak berbahasa Indonesia, dan jangan ambil nafas. Bisa?

Saya iseng nyobain ini, lalu mulai nyebut setiap lagu anak-anak yang pernah saya nyanyiin. Satu-satu Aku Sayang Ibu. Pelangi Pelangi. Balonku Ada Lima. Ajaib, saya berhenti setelah nyebut tiga biji, lalu saya terdiam. Mengingat-ingat. Ternyata saya mulai ngaco. Garuda Pancasila? Berkibarlah Benderaku? Itu bukan lagu anak-anak, itu lagu wajib.

Pasti gara-gara waktu sekolah dulu, saya terlalu sering disuruh nyanyi buat upacara bendera.

Apa sih yang salah? Padahal saya ini sekolah TK-nya lama lho, coz saya udah masuk TK waktu umur 3,5 tahun dan baru keluar setelah 6 tahun. 2,5 tahun di TK ternyata nggak bikin saya fasih nyanyi lagu anak-anak.

Kata kakak saya, waktu balita saya suka nyanyi “I Just Called to Say I Love You”-nya Stevie Wonder. Tapi kata bokap, saya senengnya nyanyi theme song-nya “The Sound of Music”. Nyokap sayalah yang ngajarin saya “Cicak-cicak di Dinding”, dan berusaha ngajarin saya tetap jadi anak-anak, jangan dewasa sebelum waktunya cuman gara-gara saya seneng lagu buat “orang besar”.

Jadi waktu saya denger kemaren bahwa Abdullah Totong Mahmud a.k AT Mahmud meninggal, saya agak terhenyak. Apakah saya mesti berduka? Saya nggak hafal lagu anak-anak 10 biji aja, apalagi saya nggak tahu mana lagu anak ciptaan AT Mahmud, mana ciptaan Ibu Soed, mana ciptaan entah siapa. Kalau ada tantangan sebutkan 10 lagu ciptaan seseorang dalam satu tarikan nafas, saya lebih hafal lagu-lagu ciptaan Yovie Widianto, Ahmad Dhani, bahkan lebih hafal lagi ciptaan David Foster atau Babyface.

Cuman satu lagu anak-anak yang paling sering saya nyanyiin. Biasanya saya nyanyiin kalau saya terperangkap di jalan raya, nggak bisa gerak, tapi jalur sebelah kanan saya lengang dan sayup-sayup terdengar suara sirene khas pengawal pejabat kampungan. “Macet lagi, macet lagi.. Gara-gara si Komo lewaat..”

Eh, itu lagu anak-anak juga kan? Tapi bukan ciptaan AT Mahmud, itu ciptaan Kak Seto.

Apakah Anda lebih baik dari saya? Saya menantang Anda. Kalau Anda disuruh nyebut 10 lagu anak-anak dalam satu tarikan nafas, lagu apa aja yang bisa Anda sebutin?

Tolong, tolong jangan jawab, “Mau dibawa ke manaa.. hubungan kitaa..?”

Gambarnya ngambil dari sini

Advertisements

45 Comments »

  1. pelanginaik2 ke puncak gunungbecaksatu2 aku sayang ibusoleramdesaku yang permaiabang tukang basodiobok21 ditambah 1susan jadi dokternah udah 10 tuh… ๐Ÿ˜›

    Comment by Arman — July 7, 2010 @ 5:27 pm

  2. Nggak sah, Man. Naik-naik ke Puncak Gunung itu lagu daerah asal Maluku. Soleram itu lagu asal Riau.Gw kan mintanya lagu anak-anak, bukan lagu daerah. :p

    Comment by Vicky Laurentina — July 7, 2010 @ 5:48 pm

  3. Ah…, seingat saya waktu SD saya nyanyinya "Sepasang Mata Bola", "Nyiur Hijau", "Jembatan Merah", "Melati di Tapal Batas", yah pokoknya yang seperti itulah ๐Ÿ˜€

    Comment by Cahya — July 7, 2010 @ 5:51 pm

  4. Saya tahu guru itu rata-rata seleranya jadul-jadul, tapi kayaknya guru SD-nya Cahya yang paling jadul.. ๐Ÿ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 7, 2010 @ 6:22 pm

  5. Tanya mbah Google dulu akhh… tapi, ntar dikatain curang ma mbak.. cancel ajah.. ^_^1. Anak Gembala2. Pelangi3. Balonku4. Semut2 Kecil5. Si Lumba-Lumba6. 1 Tambah 17. Cicak-cicak di dinding8. Pok Ame29. Cit Cit Cuit10. Aku Seorang KapitenSemoga bener.. Amin..

    Comment by ireng_ajah — July 7, 2010 @ 6:56 pm

  6. tapi di maluku ama riau itu kan lagu anak2 vic.. huahaha *tetep maksa* ๐Ÿ˜›

    Comment by Arman — July 7, 2010 @ 8:42 pm

  7. Menilik 50% jawaban Ireng berasal dari industri rekaman dan 10% dari lagu dolanan bayi, nampaknya kreativitas musikal kanak-kanak Ireng cukup diragukan.. ๐Ÿ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 7, 2010 @ 8:49 pm

  8. Arman, itu lagu rakyat. Lagunya anak-anak dan orang dewasa. :-P*juri nggak mau kalah*

    Comment by Vicky Laurentina — July 7, 2010 @ 8:55 pm

  9. 1. keong racun2. bertahan satu c.i.n.t.a3. mau dibawa kemana hubungan kita?4. …eh?

    Comment by fahmi! — July 7, 2010 @ 9:09 pm

  10. aladinsepatu kacatanteku cerewetbalonkutik,,,tik,,bunyi hujan(itu jusul bukan si?satu satupelangiraportku yang cindy senora, lupa juga judulnya apaaku cinta rupiahanak gembalalibur telah tibaci cit cuitbanyaaaaaak

    Comment by Ladyulia — July 7, 2010 @ 11:06 pm

  11. hauhuahua…kocak adu komennya :Peh lagu yg liriknya "kupu2 yg indah..kemana engkau pergi…" sisanya ngga inget..Ini ada ngga ya vick? tiba2 keinget aja tp nge blur gitu :Dsemut2 nakalabang tukang baksobalonkutopi saya budaraku seorang kapitenbintang kecilselamat ulang tahun *hahaha*naik delmansi komolihat kebunku

    Comment by AdeLheid — July 8, 2010 @ 12:58 am

  12. Dibawah ini lagu-lagu yang suka di nyayikan Dini..Pelangi2BalonkuSatu2 aku sayang ibuNona ManisKasih IbuSikancilBurung kakak tuaTik2 hujanBangun tidurCicak2 didinding

    Comment by IbuDini — July 8, 2010 @ 1:05 am

  13. Inge masih mending. 80% jawabannya bermutu. Tapi kalo jawabnya pake mikir dulu, nggak sah lho, Nge.. :DYulia kebanyakan lagu industrialis. Itu lagu anak-anak tapi gayanya mirip dewasa. Lagu Aladin dan Raportku itu yang mana sih, Yul?Mas Fahmi nggak lulus! TK-nya di mana sih..? :-p

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 1:16 am

  14. Sebenarnya mau ngelulusin Mbak Dini, tapi Burung Kakatua dan Nona Manis itu lagu daerah Maluku, Mbak.. ^^

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 1:30 am

  15. berhubung g TK ga gitu lancar bahasa indo, cuma bisa denger doank, jadi ga banyak tahu lagu anak2, karena baru lancar bahasa indo pas SD wakakakak ๐Ÿ™‚ dan SD kebanyakan pelajarannya lagu wajib dari pada lagu anak~

    Comment by Pitshu — July 8, 2010 @ 2:32 am

  16. BalonkuPelangi-PelangiCicakKulihat Awan (luoa judulnya)Bebek2kuTik-Tik-Tik (Hujan)abang tukang bakso1 di + 1abang tukang baksonaik delmanini lagu2 yg sering saya nyanyikan utk sepupu kecil saya lhooo

    Comment by Debby — July 8, 2010 @ 2:37 am

  17. ini deretan lagu2 yang sering didenger shishil mba (ayah bundanya yg ngajarin) :- cicak2 di dinding- satu2 aku sayang bunda- pada hari minggu (judul bukan sih itu)- tik tik tik bunyi hujan- pelangi- bintang kecil- kupu2 yang lucu- cinta terlarang (the virgin; bundanya yg nyanyi) :D- kau gadisku yang manis, coba liat aku disini, apakah kami didalam sana, tidak takut gelap (lagu ST12 tapi nyambung ke semut2 kecil; ayahnya yg nyanyi) :p- selir hati (triad; ayahnya juga yg nyanyi)Lulus ga mba vicky?? hahaha

    Comment by Herien Kriestia — July 8, 2010 @ 2:56 am

  18. gw pkir lo bkin tantangan berhadiah vik :Dlagu anak2?semut semut kecilabang tukang baksopelangi pelangibalonku ada limatopi saya bundarpelangiku -sherinadiobok-obok-joshuasi lumba-lumbaburung kakak tuanaik delmanokeyy..itu ga dalam 1 tarikan napas, krn nafas gw pendek *alesannn ๐Ÿ˜› *

    Comment by depz — July 8, 2010 @ 2:59 am

  19. bwakakaka jujur yah….saya cuman inget lagu balonku bwakakakakaka…..parah deh ingatan ane. tp dulu ane suka nyanyi lagunya michael jackson yg black or white hahaha….mana nyanyinya pake joget-joget hihihihi

    Comment by Freya — July 8, 2010 @ 3:17 am

  20. Pitshu di TK Mandarin yah? Lagu anak-anak bahasa Mandarin juga nggak pa-pa kok. Asal jangan Ni Yo Te Ai atau Wo Ce Bu Ne Te Cen Ni aja.. ^^Gw juga waktu SD kebanyakan diajarin lagu wajib. Sampek bosen coz gw nggak mempercayai maknanya..Debby, Abang Tukang Bakso diulang dua kali. Nggak sah, nggak sah! Hahaha..Kulihat Awan yang mana sih? Kok saya nggak pernah denger. Saya tahunya Kulihat Pelangi-nya Koes Plus.. :DMbak Herien nggak lulus, lagu anak-anaknya tercemar! Hahahaha..Depp, agak lumayan juga sih jawaban lu. Tapi gw lihat dari semua penonton tadi pasti jawabannya ada lagu industrialisnya. Kok gw rada-rada kurang puas..Ines, kayaknya jij nggak pernah jadi anak TK deh. Gurunya mosok ngajarin Black or White, hehehe. Kok nggak kayak eike dong, eike waktu kecilnya nyanyi Ben atau One Day in Your Life, hihihi..

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 4:07 am

  21. Balonku, amelia, ambilkan bulan bu, pada hari minggu, bintang kecil, pelangi, topi saya bundar, anak gembala, lihat kebunku, sayang semuanya (yg satu2 aku syg ibu).He3 g msh inget banyak,vic. Disini kan g jd guru tk jg selain jd dokter ptt

    Comment by cruiser aka asdewi — July 8, 2010 @ 4:15 am

  22. Luluuuss..!*keprok-keprok-keprok*

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 4:58 am

  23. – Cicak di dinding- Satu-satu- Pelangi-pelangi- Jauh mata memandang- Desaku yang permai- Bintang kecil- Disini senang disana senang- Andai aku t'lah dewasa >> gila ini favorit ku taukkk – Libur telah tiba- Waka-waka (hwakakakaka)Hayoo.. ga ada lagu daerah, ga ada lagu wajib…

    Comment by jc — July 8, 2010 @ 5:05 am

  24. Jauh Mata Memandang lagu yang mana siih..? ^^

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 5:08 am

  25. Pengen nyoba juga aaahhh..1. Bunga Nusa Indah2. Naik Delman3. Becak4. Desaku yang kucinta5. Kasih Ibu6. Pepaya, mangga, pisang, jambu (judulnya apa yak??)7. Melati, Kenanga, Mawar, Bakung, Cempaka, Dahlia, Kamboja, Semua Bunga (nah ini lagi entah judulnya apa bukan)8. Kupu-kupu yang lucu9. Burung Kutilang10. Irama Desa (Nun Di Balik Gunung)11. Amelia12. Ambilkan Bulan Budst…ayooo..berapa nilai saya? ๐Ÿ˜€

    Comment by Allisa Yustica Krones — July 8, 2010 @ 5:31 am

  26. #1, #7, #10, saya ngga kenal lagunya.. :p#4, itu bukan lagu anak-anak. Itu lagu daerah Maluku.Heraan..dari tadi penonton kepeleset ketuker lagu daerah melulu..#6, itu judulnya Pepaya Cha Cha Cha. (Pernah keluar judulnya sebagai pertanyaan kuis Berpacu dalam Melodi)#11 n #12 ngga diitung. Ini kan tujuan kuisnya tentang lagu apa yang kepikir pertama kali di otak, hahaha.. :p

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 6:19 am

  27. Potong bebek angsaPelangiBalonkuSatu2 aku sayang ibuNaik DelmanTik3 bunyi hujanKring3 ada sepeda..sepedaku roda3Naik2 ke Puncak gunungBurung kakak tuaTopi saya bundarBerhasil hihi… btw ini kuis kan? hadiahnya apa? *ngarep*

    Comment by once_alifetime — July 8, 2010 @ 6:40 am

  28. Potong Bebek Angsa itu lagu daerah Nusa Tenggara Timur.Naik-naik ke Puncak Gunung dan Burung Kakatua itu lagu daerah Maluku.Bahkan kalau pun ini ada hadiahnya, dirimu nggak lulus. Hahahaha!

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 7:14 am

  29. Bunga Nusa Indah Berwarna merahTumbuh di halamanMuka rumahkuWarna merah jambuKesayangankuBunga kesayangankuNusa Indah….Nah, di atas itu syair dari Bunga Nusa Indah. Ingat gak..?Itu lagu aku kenal waktu TK dulu…Kalau Shasa paling suka nyanyi Kasih Ibu.. (paksaan dari ibunya… hahaha)

    Comment by catatan kecilku — July 8, 2010 @ 7:14 am

  30. Kayaknya Mbak Allisa dan Mbak Reni alumni TK yang sama ya? TK-ku nggak pernah ngajarin lagu Bunga Nusa Indah.. :DDi TK-ku nggak ada bunganya. Mungkin abis dipetikin murid-muridnya..

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 7:24 am

  31. satu-satu aq sayang aq dua-dua aq sayang aq tiga-tiga aq sayang aq…satu dua tiga sayang aq ….:):)

    Comment by agustri — July 8, 2010 @ 10:00 am

  32. saya tidak mengetahui dg pasti lagu anak-anak. hal ini disebabkan oleh beberap faktor;1. masa kecil yang kurang dipenuhi dan diajarkan dg lagu anak-anak2. kedewasaan yg melihat lagu anak-anak sebgai suatu kelaluan3. kepopuleran lagu anak-anak hanya sebatas partikularbukan pembelaan diri. tapi pengakuan atas ketidaktahuan.

    Comment by ronneycerita — July 8, 2010 @ 10:42 am

  33. Beuh..Sodara-sodara ini memang ndak pernah ngerti lagu anak-anak.. :p

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 10:46 am

  34. dan hasilnya,pelanginaik-naik ke puncak gunungpada hari minggubalonkutopi saya bundardan hang ingatannya….hehehhejujur, waktu SD, dan kebutulan tidak sempat dijebloskan ke TK, ya diajarkannya kebanyakan lagu wajib. dan atau lagu daerah Sunda, semisal, bapa ibu guru, lain teu hoyong, libur sakola, jeung sajabana…Ya, semoga anak-anak Indonesia kedepannya ya hanya menyanyikan lagu anak-anak sajalah, jangan malah lagu-lagu dewasa yang notabene penuh dengan kebirahian asmara…O ya, komentarmu sudah ku tanggapi silahkan klik di sinisalam hangat,empunya de go bloghttp://degoblog.wordpress.com/

    Comment by Usup Supriyadi — July 8, 2010 @ 10:55 am

  35. Ya, itu maksud saya bikin tulisan ini. Sebagian besar di antara kita ternyata jarang banget diajarin lagu anak-anak, kebanyakan yang kita ingat adalah lagu dewasa yang penuh birahi. Mestinya masa kita sekolah dulu, jam pelajaran kesenian tuh dimanfaatin buat mengeksplorasi sisi kekanak-kanakan kita, bukannya malah dieksploitasi untuk indoktrinasi patriotisme tanpa makna. Yah, mudah-mudahan kita punya cukup perbendaharaanlagu kanak-kanak buat ngajarin anak-anak di masa depan nanti.. ๐Ÿ™‚

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 12:27 pm

  36. Kalo aku yang komen, mereka pada brusaha menjawab tantangan mbak tapi si juri alias yang punya blog ini selalu kasih komentar dan mencari celah untuk mengatakan "salah" tapi secara halus.. ^_^Sekarang tantangan itu buat mbak sendiri karena mbak juga belum kasih jawaban yg bener tp aku ragu mbak juga bisa jwb. Seperti postingan mbak, ditambah lg kalopun nanti jawab, paling2 nyontek dr jawaban yg sudah ada..wkekekekekek…Tapi sayangnya, komentar aku yg ini udah terlalu jauh.. hehehehehe…

    Comment by ireng_ajah — July 8, 2010 @ 12:27 pm

  37. Wah, kalau judulnya saya ndak ingat lagi. Tapi kalau mendengar lagunya, saya hafal dan akan mengikuti lagunya sampai tuntas.Kasihan anak-anak jaman sekarang, ndak punya pencipta lagu anak brilian seperti AT Mahmud. ๐Ÿ˜›

    Comment by Agung Pushandaka — July 8, 2010 @ 12:44 pm

  38. Memang susah nyari pencipta lagu macam AT Mahmud. Saya sendiri nyoba bikin lagu anak-anak malah hasilnya jadi nggak karuan..

    Comment by Vicky Laurentina — July 8, 2010 @ 1:09 pm

  39. waah.. saya mah ingetnya lagunya trio kwek-kwek, enno lerian, maissy ama tasya.. hahahaaa.. sekarang udah pada gede2 tuh.

    Comment by Gaphe — July 8, 2010 @ 1:56 pm

  40. gak bisaaaaa….. boro2 dalam satu tarikan napas…. Lagian gue jadi curang ah ntar…. ngintipin jawaban komentator yang lain…

    Comment by bridge — July 8, 2010 @ 3:16 pm

  41. kalo lagu anak2 jaman sekarang:baby nya justin bieberi've got the feeling nya BEPya gak? semua anak2 kecil pasti tau itu lagu. hahahaha.kalo si andrew lagi ngefans ama apologize nya one republic. nanya mulu… mana lagu apologize… hahahha

    Comment by Arman — July 8, 2010 @ 8:49 pm

  42. Aduh2.. gue lebih kagum sama jurinya nih. Elo sampe bisa tau itu lagu daerah mana gitu, Vick.Gue mau jawab, tp kayaknya udah gak sah, soalnya dah baca comment2 di atas. Yg langsung keingat sih :1. satu-satu2. pelangi23. bintang kecil4. aku seorang kapiten5. lihat kebunku6. amelia7. naik2 ke puncak gunung8. mulai mikir…. tik2 bunyi hujan9. tambah gagap.. n… gak bs jawab tnp liat contekan di atas Pikir2 kok gue jg gak sering denger anak2 gue nyanyiin lagu2 di atas yah.. Jadi sekolah sekarang ngajarin lagu anak2 apa aja? Kudu gue check nih…

    Comment by lovefaithhope2811 — July 9, 2010 @ 12:41 am

  43. Dibilangin nggak boleh napas, tapi malah gagap, hahaha! Diskualifikasi!Coba deh iseng dites ke anak-anak jaman sekarang, sebutin 10 lagu anak-anak. Nanti pasti ada salah satu yang jawab, "Luka-luka-luka yang kauberikan..bertubi-tubi-tubi yang kurasakan.."*LOL*

    Comment by Vicky Laurentina — July 9, 2010 @ 12:55 am

  44. menjawab pertanyaan di atas..ini lirik kulihat awan"Kulihat awan, seputih kapasArak-berarak di langit luasAndai kudapat kesana terbangakan kuraih, kubawa pulang "saya penasaran dan searching di google pengarangnya, ternyata ga ada, saya tanya mama saya yang ajarin saya lagu ini, ternyata ga tahu ^^

    Comment by Debby — July 9, 2010 @ 8:22 am

  45. Kebanyakan lagu anak diajarin waktu kita masih anak-anak. Mereka yang ngajarin kita jarang banget kasih tahu kita judulnya apa, pengarangnya siapa. Nggak heran kadang-kadang pengarang merasa karyanya nggak dihargai. Dampaknya, banyak pencipta lagu jadi ogah bikin lagu anak-anak coz boro-boro dapet royalti, diingat namanya sebagai pencipta lagu pun tidak.

    Comment by Vicky Laurentina — July 9, 2010 @ 2:44 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: