Georgetterox

July 11, 2010

Telor Asin Bakar

Filed under: features — Vicky Laurentina @ 3:00 pm

Ke Brebes rasanya nggak lengkap kalau nggak beli telor asin, coz memang telor asin itu penganan khas kota Brebes. Di sepanjang jalan utama Brebes jamak banget ditemuin toko-toko yang dagangan utamanya adalah telor asin. Yang saya ambil spotnya ini berada di Jalan Diponegoro yang biasanya dilalui para nomad yang berjalan dari arah Cirebon ke Semarang.

Ada macem-macem telor asin yang dijual, antara lain telor asin isi arwana, telor asin mentah, atau telor asin isi pindang. Favorit saya telor asin bakar, seperti yang saya pasang fotonya ini, yang mana telornya dibakar sampek kulitnya gosong, dan kuning telornya berubah jadi merah. Dibanderol Rp 33.000,- untuk isi 12 butir.

Kadang-kadang mereka jual kuning telornya doang, dijual goceng dapet empat butir. Cuman saya nggak suka ma’em telor asin kalau nggak pakai putih telornya, cuman kuningnya doang. Rasanya buat saya jadi eneg, hehehe.

Advertisements

27 Comments »

  1. Saya suka telur asin yang gak terlalu asin. Selain itu,meski gak ada hubungannya sama rasa, suka yang ada capnya. :)Cara mendorong telur (yang habis dibelah) keluar dari cangkang? Gunakan sendok, tapi terbalik (tertelungkup). Maksud sya bukan gagang sendok yang dipakai buat ndorong, tapi punggung sendok.

    Comment by Antyo — July 11, 2010 @ 3:32 pm

  2. Enak tuh telor asin bakar, gw pernah nyobain waktu dikasih sama tetangga.Rasa asinnya lebih berkurang, dan kuning telornya lebih gurih kayaknya.

    Comment by Mood — July 11, 2010 @ 5:11 pm

  3. kalo nonton final match belanda vs spanyol, bisa juga tuh cemilannya telor asin. sekali2 ganti dominasi kacang2an.hehehehe…saya pegang belanda.mbak vicky jagoin tim mana ?

    Comment by sabry — July 11, 2010 @ 5:36 pm

  4. Aku termasuk penggemar telor asin jg mbak, asal pake putihnya. Wah senangnya jalan2 ke Brebes ya mbak πŸ™‚

    Comment by Winny Widyawati — July 11, 2010 @ 7:48 pm

  5. Wah kesukaan ku tuh telur asin. Di Asian market ada yg jual cuman lucunya diwarnain merah.

    Comment by BabyBeluga — July 11, 2010 @ 9:36 pm

  6. Paman Tyo, di tokonya malah diajarin ndorong telornya jangan pakai sendok, tapi pakai stik es krim. Hahaha..sama ajalah.Mood, bener banget, kuning telornya lebih gurih ketimbang yang nggak dibakar..Pak Sabry, saya nggak ngemil telor asin untuk khusus malam Senen ini, coz lagi menghindarin yang asin-asin. Saya lagi seneng nih, Pak, coz seperti yang saya bilang di Twitter kemaren, pegangan saya Spanyol menang..Mbak Winny, bener aku seneng telor asin asal pake putihnya. Kalo nggak pake putihnya, rasanya malah nggak enak :-)Mbak Sylvia, syukur deh ada yang jual telor asin di Texas situ. Mereka ngimpor dari mana ya, Mbak? Kok pakai diwarnain merah segala?

    Comment by Vicky Laurentina — July 11, 2010 @ 10:05 pm

  7. Saya ndak boleh terlalu banyak makan telor asin soalnya bisa alergi. Selain itu kuning telornya (katanya) banyak kolesterol jahatnya. Duh!

    Comment by mawi wijna — July 11, 2010 @ 11:24 pm

  8. baru denger tuh… ternyata telor asin komplit juga ya. sayang ga ada yang setengah mateng.lebih sayang lagi, aku kok ga suka telor asin ya…

    Comment by rawins — July 12, 2010 @ 12:11 am

  9. Jadi pengen telor asin deh mba…Btw, telor asin isi arwana itu kaya apa rasanya ya? Baru dengar πŸ˜€

    Comment by astie nfh — July 12, 2010 @ 1:08 am

  10. aku sudah pernah ngincipi itu telor asin bakar. aku suka. tapi aku belum tau itu yg namanya telor asin isi arwana sama telor asin isi pindang. kayak gimana itu?btw, kalo ke surabaya lagi aku mau ngajak kamu makan bebek goreng tulang lunak yg diguyur bumbu telor asin. enak. eh iya, tulangnya bisa dimakan juga.

    Comment by fahmi! — July 12, 2010 @ 1:26 am

  11. pengen coba telor asin bakarny dan aneka rasa telor asin lainnya kl ditempatku cuma ada telor asin yg standarlah,..

    Comment by Justmeilani — July 12, 2010 @ 1:51 am

  12. lucu banget sih telor asin bakar… rasanya beda gitu vic ama telor asin biasa?

    Comment by Arman — July 12, 2010 @ 2:57 am

  13. Wijna n Pak Rawins, kalau nggak siap kebanyakan makan telor asin, boleh kok beli sedikit aja. Per butirnya seharga Rp 2.200-3.000.Biasanya kolesterol jahatnya nongkrong di kuning telornya. Makanya kalau takut kolesterol, ya jangan makan kuning telornya, tapi putihnya aja.Astie n Mas Fahmi, aku belum ngincipin telor asin isi arwana atau isi pindang itu. Mungkin nantilah kapan-kapan kalau ke situ lagi. :DEh ya, memang telor asin kalo udah jadi bumbu bebek goreng ada rasanya gitu?Mbak Meilani tinggal di mana ya? Kalau mau ngincipi telor asin bakar, ke Brebes aja..

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 3:00 am

  14. Arman, rasanya beda! Baru ngeh bedanya kalo udah ngincipin kuning telornya, lebih gurih deh.

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 3:06 am

  15. gua gak tau ada telor asin bakar, lebih enak ya kok disini blom ada ya.. kalo telor asin putihnya doank ada gak vick, karna gua justru doyan putihnya doank πŸ˜›

    Comment by Pucca — July 12, 2010 @ 3:52 am

  16. Kapan-kapan kalo Viol main ke Semarang lagi, kan lewat Brebes tuh, mampir aja dan belilah telor asin bakar. Gw sih nggak lihat ada yang jual putih telornya doang, Vi, tapi kalo Viol mau, beli aja telornya, tapi buang kuningnya, wkwkwkwk..

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 4:06 am

  17. wah…menggiurkan. Telur asin adalah favorit saya soalnya kalau telur rebus biasa terlalu plain. Apalagi telur asin yang kuningnya masir (kenyal, berbutir, dan agak lembek)..wuihh..jagoan. sayangnya saya belum ngrasain telur asin brebes. Ada sih di swalayan di jual tapi kalau dari brebes nyampe ke denpasar trus belum lagi waktu ngendon doswalayannya kan setidaknya berapa hari tuh, sudah tidak fresh. jadinya ya hanya beli telur asin lokal saja

    Comment by inten — July 12, 2010 @ 4:19 am

  18. Kalau dari Bali kayaknya belum ada akses cepat ke Brebes. Paling mampir Semarang aja, di toko oleh-olehnya bisa dapet telor asin bakar dari Brebes. Telor asin bakar ini tahan seminggu ditaruh di hawa terbuka, tapi bisa tahan sebulan kalau ditaruh di kulkas.

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 5:20 am

  19. wah, spt apa tuh rasanya ya..

    Comment by Sang Cerpenis bercerita — July 12, 2010 @ 8:39 am

  20. Ya spt telor..

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 9:21 am

  21. telor asin lombok juga ga kalah nyus-nya mbak.. πŸ˜‰

    Comment by dewi — July 13, 2010 @ 3:03 am

  22. Oh ya, kapan-kapan saya ke Lombok deh buat beli telor asin.. πŸ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 3:10 am

  23. suka telor asin tp krn ada indikasi darah tinggi mesti jaga makanan yang ga asin2 neh Mba…

    Comment by Debby — July 13, 2010 @ 4:47 am

  24. Owalaah..kesiyan, masih ranum udah darah tinggi..

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 6:35 am

  25. wah kayaknya enk neh hehehepengen nyobain deh hehehe

    Comment by Diva — July 14, 2010 @ 8:18 am

  26. kirimin ke gue, Vick, ngiler banget ngeliatnya *ngences*

    Comment by Astri — July 14, 2010 @ 7:02 pm

  27. Gimana caranya orang bisa ngiler cuman gara-gara liat telor asin??

    Comment by Vicky Laurentina — July 14, 2010 @ 8:55 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: