Georgetterox

July 12, 2010

Sate Kambing Muda

Filed under: features — Vicky Laurentina @ 9:02 pm

Kambing sebaiknya jangan berurbanisasi ke Tegal, coz pasti banyak banget orang mau berebutan ngincer kambing buat dijadiin sate. Tegal kota yang cukup kecil buat saya, dan nggak susah nyari sentra warung sate kambing di sini, coz kayaknya warung sate kambing berjejer di pinggir-pinggir tiap ruas jalan. Yang penting dateng aja siang-siang, jangan pagi-pagi, coz saat itulah tandanya asap mengepul-ngepul dari teras warung, sebagai indicator bahwa sate sedang dibakar.

Sate kambing muda disajikan per piringnya 10 tusuk, dan waktu saya dateng weekend kemaren mereka jualnya sekitar Rp 20 ribuan per 10 tusuk. Bumbunya biasa aja, pakai kecap manis dan irisan bawang merah.

Potongan daging kambingnya sedang-sedang aja, nggak terlalu besar, nggak terlalu kecil. Buat saya yang gigi gerahamnya rada-rada sensi sama daging alot, sate kambingnya agak kurang empuk. Saya malah lebih tertarik sama gajihnya, hahaha..

Harap diingat bahwa harga sate kambing di sini cukup fluktuatif menyesuaikan dengan musim. Saya inget saya dateng ke Tegal tahun lalu, dan mereka membanderol satenya sekitar Rp 30.000,- per 10 tusuk. Saya kaget juga denger harganya semahal itu, apakah memang lantaran waktu itu musim Lebaran, atau karena mereka terkesima lihat tampang saya yang terlalu bling-bling. Kesimpulannya, menawar sate kambing di sini bukanlah dosa. Usahakan waktu nawar kau pakai bahasa Jawa logat Jawa, bukan pakai bahasa Jawa logat Bandung.

Penilaian saya pribadi: Yah, satenya cukup enak. Apanya yang kurang? Hm, dagingnya kurang empuk dan saya nggak terlalu antusias sama bumbu kecap. Saya lebih suka bumbu kacang, soalnya lemaknya lebih banyak. Kalau mau ke Tegal, jangan lupa makan sate kambing muda. Tapi kalau tinggal di Bandung dan cuman kepingin pelesir sambil makan sate kambing, ke Puncak atau Cikampek aja sudah cukup..

Advertisements

37 Comments »

  1. penggemar sate dataang…. hahaha. sayang, nggak boleh banyak2 kalo sate kambing. ~darahtinggi kumat plus tanduknya keluar.

    Comment by Gaphe — July 12, 2010 @ 10:17 pm

  2. Sate kambing muda katanya bisa menambah libido ya..ahh,jadi pengin..hihi..

    Comment by Andri Journal — July 12, 2010 @ 10:17 pm

  3. wah kalau ngomongin sate aku suka, tapi kesian buat yang darah tinggi

    Comment by blogger admin — July 12, 2010 @ 10:20 pm

  4. bahasa itu penting dalam penawaran karena itu komunikasi, saya kalau di daerah yang baru dan tidak bisa bahasanya biasanya teman yang membantu menawar

    Comment by Q-THINK — July 12, 2010 @ 10:23 pm

  5. Andri, aku nggak tahu apakah mitos itu benar, coz belum pernah aku baca jurnal yang nulis korelasi sate kambing muda dan peningkatan libido, hihihi. Kamu bikin penelitiannya gih, pasti banyak yang ngantre jadi sukarelawan..Gaphe, saya nggak tahu kalau Gaphe ini punya tanduk. Wow..difoto dong tanduknya.. :DMas Hendro, ya itulah sebabnya kalau makan sate aku nggak pernah ngajak-ngajak yang punya darah tinggi. Kesiyan soalnya..Q-think, kalau Q-think bisa bahasa Tegal, saya mau deh ajak Q-think makan sate, biar Q-think aja yang nawar.. πŸ™‚

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 10:46 pm

  6. waah.. sate gw banget..Paling suka sate kalo dah bumbu kacang.. yang paling menggoda itu yaa gajinya.. Ya Tuhan kenapa bagian yg enak itu bikin penyakit? heheheCobain torpedonya kambing muda..Dahsyatt..

    Comment by Aku dan Oriflame — July 12, 2010 @ 11:17 pm

  7. Naah..bener kan? Bumbu kacang itu paling enak! Biarpun kalau berlebihan bisa bikin encok, hehehe..Oh ya, torpedo kambing muda enak gitu? Restoran mana yang jual?

    Comment by Vicky Laurentina — July 12, 2010 @ 11:31 pm

  8. sate kambing muda itu paling syip kalau bumbunya minimalis, dan bener bisa bikin stamina meningkat (saya pernah buktikan dengan nyepeda habis makan sate kambing).

    Comment by mawi wijna — July 13, 2010 @ 2:24 am

  9. Nah, sekarang saya ngerti kenapa pasca makan sate kambing bapak saya langsung semangat nyetir ke Guci.. πŸ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 2:28 am

  10. memang sih kadang mesti langsung nanya aja harganya berapa… Jangan langsung main duduk tau2 ditodong harga yang buset banget deh

    Comment by bridge — July 13, 2010 @ 2:28 am

  11. Yep, mesti punya keahlian teriak dari jendela mobil."Pinten sepuluh, Pak?"Kata bapak tukang mbakar sate: "Sawidak!"Langsung ngacirr..

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 2:38 am

  12. didunia ini yg paling mantebhhh ya sate BUNTELLLL *ngeces*

    Comment by didut — July 13, 2010 @ 3:10 am

  13. Haiyaa..jauh banget kalo kudu ke Solo cuman buat ngejar sate buntel, Dut.. πŸ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 4:07 am

  14. Seumur2 belum pernah tuh aku makan kambing.

    Comment by BabyBeluga — July 13, 2010 @ 4:21 am

  15. Kl di Bandung, kambing muda itu disebut Maranggi. Makanya kl mb.Vicky ke Bandung pasti banyak yg jual Sate Maranggi, itu maksudnya sate kambing muda πŸ™‚

    Comment by Winny Widyawati — July 13, 2010 @ 4:25 am

  16. Sudah berbulan2 saya gak makan sate kambing nih. Gak ada yang traktir… *ngelirik Vicky…*

    Comment by jensen99 — July 13, 2010 @ 4:45 am

  17. wah, gak suka kambing.hehehe..kalo sate ayam oke deh. tapi itulah selera orang beda2 ya.

    Comment by Sang Cerpenis bercerita — July 13, 2010 @ 6:18 am

  18. Woo..rugi nggak makan kambing. Tapi makan sate Maranggi di Bandung nggak puas, coz saya tahu sate Maranggi itu original-nya ya di Cikampek sana. Kalau yang di Bandung itu cuman cabangnya aja, hehehe..

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 6:28 am

  19. sate tegal asik tuh, porsinya jumbo. cuma sempat bingung aja pas mau pesen malah ditanya, berapa kodi, pak..? kirain 1 kodi tuh seporsi, jadinya pesen 2 kodi. ga taunya dikasih 40 tusuk…baru kali ini denger sate dijual kodian. hehehe

    Comment by rawins — July 13, 2010 @ 6:49 am

  20. Ha? Ngomong kodi-kodian bukannya cuman berlaku buat kain ya, Pak? Waw..tips baru nih. Berarti kalau mau beli sate di Tegal ngomongnya, "Sak kodi pinten, Pak?"

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 6:54 am

  21. akur sama didut, sate buntel is the best. tapi aku belum pernah ngalami buntelan asli solo, cuman pernah ngincipi sate buntel versi surabaya saja, hehe.

    Comment by fahmi! — July 13, 2010 @ 7:00 am

  22. Wah kalo di bandung sih banyak..coba aja tanya ama yg jual.. mas bisa pesen sate torpedonya ga? Tapi jangan tanya kalo torpedo tuh bagian apanya dari kambing.. hehehe ntar malah ga jadi makan.. tapi tau ngga justru torpedo ini yg paling meningkatkan libido..hehehe

    Comment by Aku dan Oriflame — July 13, 2010 @ 7:03 am

  23. Oh aku sih nggak malu-malu. Torpedo pun kumakan! :DMas Fahmi, kalo aku ke Surabaya aku dibawa ma'em sate buntel ya.. *wink*

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 8:00 am

  24. Emang beda ya, kalo dokter. Yang penting baik menyehatkan ya nggapapa dimakan. *salut*

    Comment by 'solitudetimes' — July 13, 2010 @ 9:46 am

  25. tobaat, kapok aku makan kambing, Vic. Takut KO lagi gara-gara kambing.

    Comment by Ladyonthemirror — July 13, 2010 @ 3:00 pm

  26. Lho, Na? Emangnya Ina pernah diapain sama kambingnya??

    Comment by Vicky Laurentina — July 13, 2010 @ 3:49 pm

  27. iya, 1 kodi=20 tusuk.

    Comment by Hendriawanz — July 13, 2010 @ 5:25 pm

  28. Aku kemarin makan sate kambing muda, 1 porsi = 5 tusuk dan harganya… Rp. 12.500. Mahal banget utk ukuranku.

    Comment by catatan kecilku — July 14, 2010 @ 3:19 am

  29. Hah. Mahal amat, Mbak? Satenya ada mutiaranya ya?

    Comment by Vicky Laurentina — July 14, 2010 @ 4:21 am

  30. makan aja pake nawar segala, mbak?Beuh, males banget.

    Comment by Freya — July 14, 2010 @ 4:49 am

  31. Wew….. kalo aku ga doyan bgt daging kambing.. Prengus-prengus… Entah itu daging kambing yg muda maupun yg sudah tua, hehe… πŸ™‚

    Comment by Ditter — July 14, 2010 @ 9:20 am

  32. Wah, jadi lapar nih… hehehe…

    Comment by Troy Eman — July 14, 2010 @ 9:23 am

  33. Oh, aku kalo ma'em daging kambing nggak jadi prengus-prengus. Soalnya aku dari sononya sudah wangi sih. Hehehe..

    Comment by Vicky Laurentina — July 14, 2010 @ 10:53 am

  34. duh saya gasuka kambing sih 😦

    Comment by anyindia — July 14, 2010 @ 5:56 pm

  35. hei, kapan kamu ke Surabaya lebih dari 1 hari dan tidak seminar dan tidak saat lebaran? Kita berburu sate buntel dan kambing oven seharian, trus nyebrang ke Madura n makan nasi petis di sana.

    Comment by Astri — July 14, 2010 @ 7:06 pm

  36. *mo nangis dengernya*Doa'in aku pindah domisili ke Surabaya, As. Supaya aku bisa sekolah di situ dan nanti kita jajan sate buntel dan kambing oven tiap hari sampek eneg. Amien..Nasi petis nggak termasuk rencanaku, coz aku alergi petis. ^^

    Comment by Vicky Laurentina — July 14, 2010 @ 8:52 pm

  37. Bisa kok makan Nasi Petis, asal sangu Epi-Pen dulu.Amiin buat bs tinggal di Surabaya πŸ™‚

    Comment by Astri — July 14, 2010 @ 9:18 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: