Georgetterox

July 16, 2010

Berburu Bebek

Filed under: me daily — Vicky Laurentina @ 3:38 am

Jauh sebelum Foursquare lahir, paman saya sudah rajin mencatat rapi tempat-tempat makan favoritnya dalam PDA kecilnya yang cuman segede telapak tangan. Termasuk juga kalau dia dengar orang lain ngomongin tempat makan enak, dia langsung catet itu di PDA-nya sebagai salah satu “must visited place”.

Salah satu tempat yang ada di daftarnya adalah sebuah tempat jualan bebek goreng di kawasan Kartosuro, Solo. Orang-orang bilang di sana bebek gorengnya paling enak se-Solo dan wajib banget buat dicicipin. Maka saya dan paman mampir sana dalam suatu perjalanan panjang dari Malang ke Jogja pada tahun ’03. Jalan menuju tempat bebek itu agak mblusuk-mblusuk masuk gang, dan akhirnya kita nemu tempat itu, sebuah warung besar yang nampak sangat lengang. Pemiliknya, seorang bapak-bapak yang pakai sarung, lagi duduk-duduk di terasnya.

Kami bingung ini orang serius jualan bebek apa nggak. “Jualan bebek, Pak?”
Si bapak pakai sarung: “Iya.”
Kok si bapak tenang-tenang aja.
“Ada bebeknya?”
“Sudah abis..”

Pantesan.. Saya senyum-senyum gondok.

Kami mau pergi. Paman saya udah mau muter balik dan tancep gas ke Jogja, tapi tiba-tiba teringat sesuatu. “Eh, biasanya abisnya jam berapa, Pak?”
Jawab Bapak Pakai Sarung, “Abisnya..jam sembilan.”
Lho? Saya lihat arloji. Ini baru jam 5 sore kok.
Paman saya bingung. “Tapi ini masih sore kok bebeknya sudah abis?”
Si bapak pakai sarung malah ketawa. “Abisnya jam 9 pagi..”

Gubrakk..

***

Itulah. Sampek sekarang saya masih penasaran sama bebek Kartosuro itu, kok bisa-bisanya bebek paling laris se-Solo habis pada jam 9 pagi. Apa dia jualnya ke orang-orang yang mau jualan bebek lagi? Atau bebek itu saking larisnya sampek-sampek stoknya langsung abis sebelum tengah hari?

Siyalnya kami nggak pernah bisa membuktikan itu, coz kami nggak pernah punya cukup waktu buat patroli di Solo. Kami harus selalu buru-buru ke Jogja, atau ke Malang, jadi nggak pernah bisa berada di Solo pagi-pagi.

Maka sewaktu minggu lalu saya dan bokap jalan-jalan di Tegal, kita lihat bebek goreng cap seorang bapak-bapak haji cabang Kartosuro, maka kita pun mampir situ.

Bebeknya kayak yang saya potret ini, dibanderol Rp 13.500 per potong. Bisa pesen yang empuk, bisa juga yang utuh. Kalau utuh, bebeknya pakai tulang. Sedangkan kalau empuk, bebeknya disajikan suwar-suwir. Saya pesen yang utuh, soalnya mumpung saya nggak lagi ja’im jadi supaya saya bisa ngunyah tulangnya kraus-kraus, hehehe..

Bebek di sini disajikan pakai lalab dan sambel korek. Tempat makannya lega dan nggak sumuk, bangkunya lega, jadi cocok buat ngajakin makan tante-tante yang bokongnya gede-gede. (Maklumlah, saya mikirin bude-bude saya yang rata-rata gemuk-gemuk, hehehe..) Bokap saya seneng soalnya servisnya cepet, kita pesen dan bebeknya langsung disajikan lima menit kemudian, padahal waktu itu pengunjungnya masih rame lho. Dan pelayannya bilang tempat itu biasa tutup jam 9 malem, jadi cocoklah buat nomaden mobile kayak saya yang nggak bisa diprediksi jam berapa ada di kota mana, hehehe..

Jadi, mau nggak berburu bebek sampek Kartosuro? Hm, sik ta’ pikir-pikir..

Advertisements

32 Comments »

  1. warung bebek gorengnya pak haji itu juga buka cabang di surabaya barat, aku belum pernah coba. tapi konon sambel koreknya yg jadi andalan.

    Comment by fahmi! — July 16, 2010 @ 3:56 am

  2. jadi laper…. ^^

    Comment by Arif Chasan — July 16, 2010 @ 4:03 am

  3. agak bingung jeung! emang si bapak jualan jam berapa ?! 9am udah habis! ttrus kalo 9am udah habis kenapa dia masih open hingga 9 pm apa yang dia jual dari 9am-9pm ?

    Comment by Pitshu — July 16, 2010 @ 4:32 am

  4. wah… jauh dr jakarta meskti naik kereta senja dr jakarta ^^

    Comment by Debby — July 16, 2010 @ 5:32 am

  5. Kalo yang di lokasi Kertosono, Solo, bukanya dari pagi, tapi jam 9 a.m udah abis. Jadi sesudah itu bapak hajinya nggak jualan lagi.Kalo yang di lokasi Tegal, bukanya dari pagi sampek jam 9 p.m.Sambel koreknya memang enak. Tapi aku nggak doyan. Pedes banget, giling.. Aku jadi meler-meler..

    Comment by Vicky Laurentina — July 16, 2010 @ 5:34 am

  6. Liat sambelnya jadi tergiur juga nih πŸ™‚

    Comment by Winny Widyawati — July 16, 2010 @ 6:26 am

  7. banyak orang mengatakan kalo bebek goreng, ayam goreng, lele goreng dll terutama dipinggir2 jalan, yang membedakan adalah sambelnya. So, kebanyakan warung2 seperti itu yang rame karena sambelnya pas selera. Untuk ayam, bebek dan lele bisa dikatakan sama. goreng, sudah..Bener gak mbak??

    Comment by ireng_ajah — July 16, 2010 @ 6:47 am

  8. saya jadi penasaran ngicip bebeknya Pak Haji di Kertosono jam 5 pagi…

    Comment by mawi wijna — July 16, 2010 @ 7:04 am

  9. banyak yg suka bebek, tapi kok aku bisa gak suka ya. beberapa kali coba tapi gak pernah suka. duh, lidahku yg ngaco nih.

    Comment by Sang Cerpenis bercerita — July 16, 2010 @ 7:12 am

  10. kalo gak salah bebek goreng haji slamet kertosono ya mba??? Di sini (purwokerto) juga ada loh mba, emang enak banget, garing di luar empuk di dalam begitu slogannya hehheheeBTW salam kenal ya mba Vic, dari blognya Viol πŸ™‚

    Comment by ameykiyut — July 16, 2010 @ 7:45 am

  11. di tempat tempat wisata, emang banyak tuh yang nyleneh jam kerjanya. seperti gudeg pawon disini baru buka jam 11 malem. sore sore datang jangan harap dilayani. dan aku pikir lebih banyak kuliner yang terkenal tuh bukan karena jualan menu, tapi jualan nilai eksotisnya. soal rasa kadang sama aja dengan yang lain. tapi pengujung bisa membludak padahal harga lebih tinggi, aku kira ya dari keunikannya itu. salah satunya jam buka lapak…

    Comment by rawins — July 16, 2010 @ 8:02 am

  12. bebek?one of my fav menukapan2 gw ke solo, gw pasti cari*kalo inget* πŸ˜€

    Comment by depz — July 16, 2010 @ 8:20 am

  13. Mbak Winny, udah aku kalo ma'em bebek ini, sambelku buat Mbak Winny aja. Aku kepedesan.. :-PIreng, saya sih nggak ngincer sambel. Buat saya, sambel urusan belakangan. Nggak dikasih sambel juga nggak pa-pa..Wijna, coba deh ke bebek yang disebut Mbak Amey itu. Tapi yang di Kertosono, bukan yang di Purwokerto, hehehe..By the way, Mbak Amey, salam kenal.. :-DPak Rawins, sebenarnya aku udah sering denger gudeg pawon itu. Pasti enak sampek banyak orang mau nyambangi jam 11 malem. Aku kepingin ke sana, tapi takut ngrepoti kakak dan bapakku yang nganterin. Ngomong-ngomong, tuh gudeg dilewatin bis TiJeh nggak..?Aku jadi kepingin nyobain ah. Kapan-kapan aku mau buka warung mulai jam 2 pagi. Siapa tahu laris.. :-PDepp, cobain deh. Macam apalah warung bebek habis jam 9 pagi?

    Comment by Vicky Laurentina — July 16, 2010 @ 8:40 am

  14. Wah saya yang tinggal lama di Jogja tidak mengetahui lho tentang Bebek goreng Kertosono di Solo yang terkenal ini. Referensi saya tentang kuliner harus dipertajam lagi nih.. Patut di Coba kalau nanti jalan2 ke Jawa tengah. Eh, tapi bener kan Kertosono? bukan Kartosuro???

    Comment by inten — July 16, 2010 @ 8:40 am

  15. hmm yummy, jadi penasaran..sore-sore gini baca artikel makanan, jadi kepengen berburu bebek juga…

    Comment by IbuDini — July 16, 2010 @ 10:26 am

  16. waah, jadi ikutan penasaran bebek kertosono itu dimana?. hemm.. nyari di 4SQ ah..

    Comment by Gaphe — July 16, 2010 @ 10:49 am

  17. bebek laris kayak begini tak heran dong pemiliknya sekaya Paman Gober.

    Comment by Ina — July 16, 2010 @ 12:53 pm

  18. Tepatnya, Paman Gober sarungan, hihihi..Cari aja di 4SQ. Pasti ada..

    Comment by Vicky Laurentina — July 16, 2010 @ 1:07 pm

  19. pengen ngerasain..biasanya di Mnado bebeknya di rica-ricaa k a dibumbuhi pedes..

    Comment by Seiri Hanako — July 16, 2010 @ 2:47 pm

  20. Kayaknya enak tuh, Ann. Cuman aku ngeri aja, ngegorengnya pake minyak babi, nggak?

    Comment by Vicky Laurentina — July 16, 2010 @ 3:05 pm

  21. Ada teman yang tinggal di Solo, 'nglaju', tiap hari JOgja-Solo. Kemarin ada 1 orang lulus ujian akhir, kemudian pesan makanan lewat teman itu. Memang enak, bahkan tulangnya pun empuk sekali. Aku tidak tahu apakah itu sama dengan bebek di bapak sarung. SEandainya pun sama, juga tidak dapat membuktikan jam tutup itu, karena temanku bilang ngambil dari sana jam 8.30.

    Comment by Hendriawanz — July 16, 2010 @ 3:42 pm

  22. weleh…jauh…. Tapi kamu bilang sambelnya pedes ya…. Hmmmm *tergoda*

    Comment by bridge — July 16, 2010 @ 3:43 pm

  23. itu Bebek Pak Slamet ya Vic..yang cabangnya ada di mana2 terutama daerah Joglo Semar dan sekitarnya…dan di Purwokerto juga ada cabangnya… apakah kita membicarakan hal yang sama? kalo iya tu bebek goreng emang top markotop^^

    Comment by alice in wonderland — July 16, 2010 @ 3:56 pm

  24. Bebek gorengnya yg ditegal enak ga mbak ?Eh ntu bebek yg disolo hbsnya cepat bgt ya, kayanya enak masakannya tuh..

    Comment by Mood — July 16, 2010 @ 6:25 pm

  25. Iya, itu bebeknya Pak Slamet. Nggak tahu cabangnya udah sampek Jakarta apa belum.

    Comment by Vicky Laurentina — July 16, 2010 @ 10:35 pm

  26. jadi ngiler..ane follow ye..

    Comment by Yudie — July 17, 2010 @ 4:10 am

  27. Kabarnya sih kalo yg di Solo itu, bebek gorengnya emang enaaakk bangett…. Di Jogja sendiri udah ada beberapa cabang, lumayan enak juga. Tapi -sekali lagi-, kabarnya masih lebih enak yg di Solo. Tapi aku masih belon sempet membuktikan. Semoga dalam waktu dekat ini bisa segera nyoba, hehe…. πŸ™‚

    Comment by Ditter — July 17, 2010 @ 8:23 am

  28. Cobainlah, Dit. Kalo selera Kreyongan bilang enak, berarti bebeknya memang beneran enak.

    Comment by Vicky Laurentina — July 17, 2010 @ 9:09 am

  29. Barusan tadi temanku datang, kutanya,katanya yang terkenal di situ bebek goreng Pak Slamet. Ternyata di comment di atas sudah disebut, jadi cocok. Dia bilang dari pertigaan bandara terus ke Timur sampai pom bensin, belok kanan (Selatan) masuk gang. Anaknya juga jual, di sekitar pom bensin tersebut, jadi sebelum masuk. Siang masih buka, karena dia beberapa kali makan siang di situ.

    Comment by Hendriawanz — July 17, 2010 @ 9:42 am

  30. ap juln be"knya dikit ya,masa jm 9 pgi dah abis..rang kbnyakan jg tukng jualn be"k tu"p jam 10 mlm tu jga klo lg spi,bnter" pling jm 9 mlm.wahh..hebat bnernih si bebek master,hehe

    Comment by Arya jafarudin — July 17, 2010 @ 2:31 pm

  31. Ah…dah lama banged gga makan sambel modelnya di Indo gitu…glek…

    Comment by BabyBeluga — July 18, 2010 @ 2:40 am

  32. Sini, Mbak Sylvia, pulang ke Indonesia.. πŸ˜€

    Comment by Vicky Laurentina — July 18, 2010 @ 3:28 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: